[NOVEL] Qasidah Berjanji karya Harry Dagoe dan Salma Abdillah

by - Selasa, Desember 19, 2017



Prolog

Meskipun umur bukan lagi belasan, saya tidak menampik membaca buku-buku yang diperuntukkan untuk anak-anak. Sebuah aset jikalau menemukan buku cerita anak-anak yang kerena bisa buat kado ponakan atau teman, dihibahkan ke taman bacaan, atau bisa jadi dijadikan investasi, dikoleksi buat anak saya kelak (hehehe). Dan buku ini salah satunya yang saya bawa pulang untuk dibaca.


 
Judul : Qasidah Berjanji
Penulis : Harry Dagoe dan Salma Abdillah
Penerbit : Pastel Books
Cetakan : Pertama, Mei 2015
Tebal : 118 halaman
Jenis Buku : Novel
Genre : Fiksi/fantasi/religi-islam
Kategori Pembaca : Anak-anak/segala umur
Harga asli : Rp. 45.000 ,- (belum diskon)

BLURB
 
Bagaimana jika game yang kamu mainkan menjauhkanmu dari orang yang menyayangimu? Bagaimana perasaanmu jika saat memeluk ibu, sosoknya menjadi angin yang tidak dapat disentuh? Itulah yang dialami Qasidah. Dia terhisap ke dimensi lain dan terancam tidak akan lagi bertemu ibunya. Qasidah pun berjuang kembali ke dunia nyata. Diamond Kingdom adalah dimensi game yang didiami makhluk-makhluk fantastis: Ibu Merak, Putri Pelangi, hingga Monster Parasit yang mengancam keselamatan Qasidah. Meskipun ibu jauh, doa beliau mewujud menjadi kakak yang senantiasa melindunginya. Namun, jalan pulang hanya bisa ditapaki Qasidah sendiri.

Apa yang kamu lakukan saat berputus asa? Saat tidak ada satu pun upayamu yang membuahkan arti? Saat itu usahamu mungkin gagal, tapi berusaha tidak akan membuatmu menyesal.
 

RINGKASAN ISI

Qasidah, tokoh utama dalam novel ini merupakan anak kecil yang hidup di lingkungan canggih di masa depan. Hidup di lingkungan penuh teknologi membuat Qasidah tidak bisa lepas dari beragam gawai di kamarnya, termasuk bermain game

Kesukaannya bermain game membuatnya terseret dalam masalah. Pikirannya hanya dipenuhi tentang tokoh game yang dia suka, yaitu Ratu Pelangi yang menjadi ikon di game sims yang ia mainkan. Segala pernak pernik mengenai game tersebut Ia miliki. Bahkan jika ada marchandise baru dari game yang ia sukai, Qasidah tak segan merengek kepada ibunya untuk dibelikan.

Akibat tidak diturutinya rengekan Qasidah saat berbelanja di mall, Ia memilih keluyuran sendiri dan menghampiri toko mainan. Di sinilah petaka itu terjadi. Qasidah diserang makhluk aneh dan membuatnya masuk ke dunia lain. Qasidah selamat akibat bantuan dari Doa, tokoh yang datang untuk menyelematkannya. Bersama Doa, Qasidah berkelana bertemu dengan makhluk dan tempat fantastis demi berusaha menemukan jalan pulang. Apakah Qasidah akan berhasil? 

Dalam pencarian jalan keluar tersebut tidak berjalan mulus. Qasidah selalu dikejar-kejar makhluk parasit yang mampu mengendus keberadaannya. Selain itu, tidak selamanya Doa mampu melindungi Qasidah. Saat memasuki kawasan Diamond Kingdom, hanya Qasdah sendiri yang mampu melakukannya. Namun itu tidak semudah yang dibayangkan. Qasidah bertemu dengan banyak tokoh yang membantunya. Namun apakah semua tulus membantu Qasidah? Belum lagi ia pun juga ditangkap dan diadili atas perbuatannya. Sedangkan waktu yang ia miliki semkain menipis. Bisakah dia keluar dan bertemu ibunya kembali?

REVIEW

Luar biasa!!, ini salah satu novel fantasi lokal yang menurut saya cukup bagus dalam penggarapan materinya. Menggunakan sudut pandang orang ketiga, novel ini luwes dalam menceritakan kisah Qasidah, si cewek kecil yang bengal ini. Mengambil kisah dunia fantasi, maka segala hal yang diceritakan di sini semua dianggap masuk akal. Tokoh-tokoh fantasi akan banyak ditemui bertabur di dalam cerita. Mengingatkan saya akan cerita Alice in wonderland

Buku yang ditujukan untuk pembaca anak-anak ini memiliki Inti cerita yang luhur. Sebenarnya ingin mengajarkan tentang nilai-nilai kebaikan, seperti tidak menuruti hawa nafsu dan mematuhi nasihat orang tua. Dikisahkan, agar Qasidah si tokoh utama dapat keluar dari dimensi lain, ia harus menukar sikap-sikap buruknya selama di dunia nyata dengan sikap-sikap baik Rasullullah sebelum Idul Fitri. Apabila lewat dari Idul Fitri maka gerbang akan tertutup selamanya. Pengemasan dengan cerita fantasi membuat pengajaran nilai-nilai  tersebut menjadi lebih kreatif.

Saya baru mengetahui bahwa kisah fantasi Qasidah juga memasukkan nilai-nilai Islam ketika pas membacanya. Dapat dikatakan, buku ini merupakan novel fantasi Islam. Sangat jarang buku/cerita Islam yang memadupadankan dengan cerita fantasi (atau sayanya saja yang kuper ya :D). Sungguh gebrakan yang patut ditiru di tengah gempuran masuknya buku-buku fantasi rasa luar negeri.



Penokohan dalam cerita dapat dikatakan kuat, terutama Qasidah diceritakan sebagai gadis kecil yang manja dan cengeng berubah menjadi kuat dalam perjalanan menemukan pintu keluar. Walau terkadang saya merasa, kok kayaknya rada mustahil ya anak kecil seumuran Qasidah bisa begini begitu, he..he.. Tokoh yang saya sukai dari cerita ini adalah si Doa. Ya, sosok superhero yang bisa berubah menjadi apa saja, menemani Qasidah berkelana, memberikan wajangan, dan nasihat kepada Qasidah untuk menjadi pribadi lebih baik.

Penggunaan font dan margin yang pas membuat cerita Qasidah dapat dinikmati dengan nyaman di mata anak-anak. Menggunakan alur campuran, cerita Qasidah memiliki twist yang asik. Meskipun sudah ketebak bagaimana ending-nya, tapi twist di ending itulah yang membuat cerita semakin menarik. Saya bahkan tidak mengira bakal ada twist seperti ini dalam buku cerita anak-anak.

Meskipun demikian, masih terdapat berapa hal ganjil yang membuat saya ingin mengatakan buku ini dapat dieksekusi lebih ciamik lagi dari ini. Misalnya Tentang portal, dalam cerita Qasidah masuk dalam dimensi yang membuatnya dia masuk ke dunia Ratu Pelangi. Masalahnya Qasidah masuk ke dimensi lain tidak melalui portal dunia game. Selain itu, tentang pencarian jalan pulang. Qasidah harus menghapus sikap-sikap buruknya dengan mengamalkan sikap-sikap baik Rasullullah. Hanya saja sikap-sikap Rasulullah tidak semua dijelaskan secara jelas.

Setelah menimbang saya memberikan nilai


Meskipun ada ketidaksinkronan antara gambar dalam cover dengan karakter dalam cerita. Intinya, buku ini bagus untuk dibaca anak-anak. Dari pada membaca novel teenlit menye-menye dan tidak sesuai umur, belikan novel ini biar berkembang imajinasi dan daya kreatifitas. Selain itu, penilaian di atas hanyalah penilaian yang subjektif. Bisa jadi orang lain termasuk Anda memiliki penilaian yang berbeda. Jadi, jika tertarik, segara jemput dan boyong ya. Oh ya, hanya saja karena ini novel keluaran tahun 2015, mungkin sedikit sulit untuk ditemukan di toko buku. 

Beberapa Quote dalam Buku Ini 

Kemarahan yang terpelihara dalam hati, hanya akan menyebabkan “kegelapan” saja
(57) 

Orang tua memang lebih arif karena lebih panjang mengalami dan memaknai kehidupan 
(65)





You May Also Like

1 Comments

ayo coment, tak tunggu